IKA FK UNRI

Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Riau

Seminar dan Musyawarah Besar IKA FK UNRI Dihadiri Ratusan Alumni FK UNRI

Minggu pagi, tanggal 17 Maret 2019, Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Riau (IKA FK UNRI) menggelar Seminar Internal dan Musyawarah Besar IKA FK UNRI. Seminar dan musyawarah besar ini dilaksanakan dalam rangka milad ke-8 IKA FK UNRI sekaligus pemilihan ketua pengurus IKA FK UNRI yang baru untuk periode tahun 2019-2021. Kegiatan ini dilangsungkan di Awaloeddin Hall Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru dan dihadiri oleh ratusan alumni FK UNRI. Momen ini pun menjadi salah satu momen reuni alumni IKA FK UNRI yang sudah lama terpisah karena kesibukannya masing-masing 😀

Ketua pengurus IKA FK UNRI periode tahun 2017-2019, dr. Hendra Asputra, SpPD, menyampaikan bahwa kegiatan musyawarah besar yang digabungkan dengan seminar tidak pernah dilakukan dalam musyawarah besar sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah alumni yang dapat hadir dalam musyawarah besar sehingga ketua pengurus IKA FK UNRI yang baru bisa dipilih dengan representasi suara alumni yang lebih baik. Jumlah alumni FK UNRI hingga Maret 2019 ini tercatat sebanyak 938 orang.

Seminar dan musyawarah besar IKA FK UNRI juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK UNRI), Dr. dr. Dedi Afandi, DFM, Sp.FM(K), Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pekanbaru, dr. Marhan Effendi, dan perwakilan pihak Rumah Sakit Awal Bros sebagai tuan rumah, dr. Linda Devita. Dekan FK UNRI menyampaikan kabar gembira bahwa dua program studi yang ada di FK UNRI telah memperoleh akreditasi A sejak Desember 2018. Selain itu, Dekan FK UNRI juga mengatakan bahwa saat ini FK UNRI telah membuka dua Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), yaitu PPDS Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi dan PPDS Obstetri dan Ginekologi. “Selanjutnya, FK UNRI juga akan membuka PPDS Bedah Umum dan PPDS Anestesi dan Terapi Intensif,” lanjut dr. Dedi. Sosialisasi PPDS FK UNRI lebih lanjut dijelaskan oleh Dr. dr. Tubagus Odih Rhomdani Wahid, Sp.BA.

Seminar internal kali ini mengusung tema “Memperkokoh Peran Alumni Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Riau”. Sesuai tema tersebut, pemateri dalam seminar internal merupakan tiga orang dari sekian banyaknya alumni kebanggaan FK UNRI yang telah meraih gelar dokter spesialis, yaitu dr. Syarifah Hidayah Fatriah, Sp.F, dr. Hendra Asputra, Sp.PD, dan dr. Febriani, Sp.OG. Materi yang disampaikan merupakan kasus-kasus yang cukup sering ditemukan dalam pekerjaan profesional seorang dokter dan dijelaskan oleh dokter-dokter spesialis yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Setelah seminar internal selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan musyawarah besar IKA FK UNRI, yang bertujuan untuk memilih ketua IKA FK UNRI periode tahun 2019-2021. Adapun yang bertindak sebagai presidium sidang adalah dr. Rizki Kurniati, dr. Ade Dian Anggraini, SpB, dan dr. Tryanda Ferdyansyah. Musyawarah besar IKA FK UNRI diawali dengan laporan pertanggungjawaban dari pengurus terdahulu. Pada laporannya, ketua IKA FK UNRI 2017-2019, dr. Hendra Asputra, SpPD, menyampaikan bahwa terdapat beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan semasa jabatannya seperti Pelatihan Hiperkes dan Bakti sosial. Namun juga terdapat beberapa rencana yang belum sempat terealisasi seperti turnamen alumni. dr. Hendra Asputra, SpPD juga menjelaskan bahwa setiap alumni harus memahami bahwa IKA FK UNRI adalah wadah bagi alumni untuk mengabdi dan mengaktualisasikan dirinya, bukan sebagai sarana mencari profit. Kemudian agenda musyawarah besar dilanjutkan dengan pernyataan kesediaan bakal calon ketua. Pada tahun ini terdapat 2 orang calon yang bersedia menjadi ketua alumni, yaitu dr. Handry dan dr. Citra Rahmad. Secara dilakukan voting, akhirnya didapatkan keputusan bahwa dr. Citra Rahmad terpilih sebagai ketua pengurus IKA FK UNRI periode 2019-2021.

Terima kasih kepada dr. Hendra Asputra, Sp.PD dan seluruh pengurus IKA FK UNRI periode 2017-2019 yang telah banyak berkontribusi untuk IKA FK UNRI selama periode kepengurusannya. Selamat kepada dr. Citra Rahmad yang telah terpilih sebagai ketua pengurus IKA FK UNRI periode 2019-2021. Semoga dapat mengemban amanah dengan baik dan membuat IKA FK UNRI lebih maju di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll UpScroll Up